Iklan Billboard 970x250

Intel XDK Review Software

Intel XDK Review Software

Intel XDK Review Software

Males punya kebanyakan software untuk membuat berbagai aplikasi beragam? Atau, mau nyari software cross-platform buat bikin aplikasi di Android, iOS atau Windows Phone? Kenapa tidak mencoba Intel XDK saja. Intel XDK merupakan software untuk membuat aplikasi beragam (cross-platform) diantaranya Android, iOS dan Windows Phone. Jadi dengan satu software, kalian tidak perlu lagi kerepotan untuk membuat aplikasi Android, iOS dan Windows Phone.

Intel XDK dikembangkan oleh Intel, perusahaan software yang sudah tidak asing lagi. Intel XDK merupakan software yang ditujukan untuk membuat aplikasi berbasis HTML5, JS dan CSS didalamnya. Selain itu, software ini juga support dengan Apache Cordova Javascript API dengan menggunakan plug in dari Cordova yang dapat membuat dan meng-upload aplikasi hybrid mobile untuk Android, Crosswalk Android, iOS dan perangkat Windows 8.


Software ini dilengkapi dengan Brackets Editor yang berguna untuk mengedit kode-kode dari aplikasi yang ingin kita buat. Bracket Editor sendiri merupakan software yang sangat bagus sebagai code editor, terutama untuk kode HTML, Javascript dan CSS. Walaupun kalian juga dapat menggunakan software editor lain yang sesuai dengan pilihan kalian sendiri.

Selain fungsi Hybrid, software ini juga mampu untuk membuat Web Apps yang dapat membuat aplikasi berbasis website yang dapat kalian upload ke Google Chrome Web Store, Facebook App atau Mozilla Firefox, ataupun menyimpannya sendiri di Hosting Web Server. Walaupun Intel XDK sendiri tidak menyediakan fasilitas uploading ke berbagai app store diatas, untuk dapat mengupload app bundle, kalian harus melakukannya diluar software Intel XDK.

Software ini juga mampu untuk membuat game yang dapat di-upload ke berbagai app store yang ada. Untuk game sendiri, harus menggunakan aplikasi lain yang khusus dikembangkan untuk game developer, baru kemudian diekspor ke Intel XDK untuk mengedit kode-kode yang perlu kita edit. Intel XDK sendiri support ekspor dari berbagai software game seperti Construct2, Cocos2D, Phaser, Pixi.js, and Easel.JS. Walaupun penulis tidak pernah membuat aplikasi game sebelumnya, namun dari pemaparan detail Intel XDK, nampaknya software ini dapat dijadikan rujukan untuk mengedit kode-kode game dari software game yang tidak dilengkapi dengan code editor.


Setelah penulis mencoba sendiri software ini, ada satu hal yang membuat penulis anggap sangat bagus, yaitu fungsi emulator dan debug aplikasi yang ingin kita buat. Fungsi emulator memiliki berbagai pilihan perangkat, merek dan OS yang ingin kita jalankan, mulai dari iPhone 6, Samsung (Android), Google Nexus dan berbagai merek gadget dan OS yang berbeda. Fungsi tersebut jelas akan memudahkan seorang developer untuk menguji bagaimana tampilan aplikasi yang mereka buat dengan berbagai macam perangkat yang berbeda.

Dilihat secara sekilas, tampilan software (UI) ini juga sangat user friendly yang membuat pengguna mudah dalam membuat kode untuk aplikasi yang mereka buat. Software ini support dengan Windows, OS X (Mac) dan Linux (32-bit/64-bit). Jika kalian ingin mendownloadnya, langsung saja download di Official Intel XDK page atau download di CNET. Ukuran file nya sendiri sekitar kurang lebih 161 MB (Windows).
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post