Iklan Billboard 970x250

5 Tips Belanja Aman di Online Shop

5 Tips Belanja Aman di Online Shop


Membludaknya pasar online sekarang tentunya membawa kabar baik bagi para konsumen, pelaku usaha dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini. Tak ayal, para pelaku usaha memanfaatkan kondisi ini dengan meng-online-kan toko atau produk yang mereka jual.

Kondisi ini jelas membawa manfaat positif bagi konsumen karena konsumen memiliki banyak sekali referensi toko online dimana mereka dapat berbelanja nantinya. Namun sisi negatif juga timbul atas membludaknya pasar internet ini, yaitu penipuan terhadap konsumen. Tidak jarang konsumen tertipu dengan membeli suatu barang tertentu dari internet. Modusnya pun beragam, mulai dari barang yang sampai ditangan kita tidak sama dengan yang dijanjikan sampai barang yang dijanjikan tersebut tak pernah sampai di tangan kita alias penipuan.

Untuk mensiasati hal tersebut, berikut tips yang dapat dijadikan referensi bagi konsumen untuk berbelanja secara online :

1. Berbelanja di tempat yang terpercaya dan legal.

Paling aman memang berbelanja di tempat yang terpercaya dan mempunyai legalitas yang jelas, namun bagaimana kita mengecek legalitas suatu toko online tersebut? Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus dapat memastikan legalitas toko online dimana kita ingin berbelanja di dalamnya. Biasanya toko online yang ingin membangun brand toko nya lebih baik, selalu menyediakan informasi terkait legalitas dari toko nya tersebut, misalnya dengan mencantumkan nama perusahaan dan informasi terkait perusahaannya. Lalu bagaimana jika tidak dicantumkan informasi legalitas di website tersebut? Jika seperti itu, tidak usah malu untuk bertanya tentang legalitas toko online tersebut. Saat ini banyak sekali toko online yang sudah memiliki legalitas perusahaan, tidak ada salahnya menyempatkan beberapa waktu saja untuk mengeceknya.

2. Cek ada tidaknya garansi produk.

Cara lain yang paling aman tentunya dengan mencari informasi tentang ada tidaknya garansi produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Tentunya sebagai konsumen yang cerdas akan lebih memilih produk yang memiliki jaminan atau garansi dari produk yang akan mereka beli karena jika ada sesuatu di kemudian hari, konsumen tidak akan dirugikan.

3. Selalu mencari feedback atau testimoni pelanggan lain atas toko online tertentu.

Feedback atau testimoni saat ini penting dalam industri online shop karena dari feedback tersebut, konsumen memiliki gambaran dari toko online tersebut. Walaupun dalam beberapa kasus, feedback atau testimoni sendiri gampang untuk dipalsukan karena memang mudah untuk dipalsukan. Modus yang sering dilakukan yang dengan membuat banyak akun sosial dan membuat feedback positif terhadap produk atau toko online mereka. Sebagai konsumen cerdas, kita harus jeli untuk membedakan mana feedback yang asli dan mana yang rekayasa. Misalnya dengan mengecek informasi akun-akun sosial yang mereka gunakan, apakah mereka menggunakan informasi seperti gambar muka atau alamat yang asli.

4. Hindari berbelanja melalui jejaring sosial.

Fenomena seperti ini sangat berkembang sekarang, yaitu jual beli melalui jejaring sosial. Di sisi penjual, menjual barang dagangannya via jejaring sosial memang sangat menguntungkan karena minim modal. Namun di sisi pembeli, bertransaksi via jejaring sosial mempunyai resiko yang sangat tinggi. Resiko tinggi ini karena cara mempbuat jejaring sosial sendiri sangat mudah dan nyaris tanpa biaya. Seringkali modus yang terjadi adalah oknum-oknum tertentu memanfaatkan jejaring sosial untuk menjual barang dagangannya. Setelah pembeli mentrasfer sejumlah biaya produk tertentu, si penjual langsung menghilang atau menghapus akun tersebut. Oknum tersebut dapat dengan mudah membuat lagi jejaring sosial baru dengan nama yang berbeda, walaupun dengan isi dan konten yang sama. Karena itu berbelanja melalui jejaring sosial sangat tinggi resikonya dan penulis tidak menyarankannya.

5. Cek ada tidaknya layanan "Kontak" pada toko online tersebut.

Layanan kontak sangat penting bagi seorang konsumen. Sebelum membeli, konsumen harus mengecek layanan kontak yang disediakan toko online tersebut apakah aktif (dapat dihubungi) ataukah non-aktif alias tidak dapat dihubungi. Jika layanan kontak tersebut tidak aktif, tidak ada salahnya anda curiga dengan toko online tersebut karena bisa saja toko tersebut hanya toko abal-abal yang menjual mimpi.

Sebagai konsumen cerdas, tidak ada salahnya menerapkan tips diatas. Ingat untuk cermat sebelum membeli, atau kita hanya akan membeli penyesalan saja. Selamat berbelanja online!
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post