Iklan Billboard 970x250

Menjadi Entrepreneur Bisnis Online dengan Flippa

Menjadi Entrepreneur Bisnis Online dengan Flippa


Bagi yang sudah melalang buana di bisnis online, terutama dalam bidang penjualan website dan nama domain, nama Flippa tentunya tidak asing di mata para netpreneur tersebut. Namun yang belum tahu atau ingin terjun dalam bidang bisnis online yang bergerak di bidang website dan domain, Flippa merupakan salah satu sarana yang patut direkomendasikan. Apalagi bagi kalian yang gemar atau hobi, termasuk pekerjaan yang terkait dengan seputar website, Flippa menjadi salah solusi mencari tambahan penghasilan. Sebelum membahas jauh tentang bisnis online ini, kita tentunya harus mengenal apa itu Flippa, apa yang perlu dipersiapkan untuk masuk ke dalam bisnis online tersebut, dan bagaimana cara menjual website atau domain di Flippa.

1. Apa itu Flippa?

Menurut website resminya, Flippa merupakan pasar/tempat berjualan bagi para entrepeneur online, terutama untuk berjualan website, domain dan app.
Flippa is the entrepreneur’s marketplace. We’re the world’s number one marketplace for buying and selling websites, domains and apps.
Secara gampangnya, Flippa merupakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk "bertemu", tawar menawar harga dan bertransaksi secara online. Barang dagangan yang didagangkan disini hanya khusus untuk website, domain dan aplikasi (Android atau iOS).

Secara historis, Flippa merupakan perkembangan dari forum marketplace dari SitePoint, sebuah forum yang berisi tentang ulasang internet, pada tahun 2005. Flippa sendiri didirikan pada tahun 2009 dan menjadi salah satu website terbesar yang menyediakan fasilitas jual beli website, domain dan aplikasi.

Saat ini, Flippa sendiri mengklaim memiliki member lebih dari 600.000 member dari seluruh dunia. Jumlah yang fantastis mengingat jumlah tersebut merupakan kumpulan dari penjual dan pembeli dalam satu tempat.


Menurur pendapat penulis, Flippa merupakan pasar sekaligus makelar bagi para pemilik website, domain dan aplikasi yang ingin menjual "properti" milik mereka. Sistem penjualannya sendiri menggunakan lelang dimana penawar tertinggi dapat memperoleh properti yang dijual, walaupun Flippa sendiri tidak menutup kemungkinan bagi para penjual untuk menggunakan sistem lain selain lelang, misalnya saja "Buy It Now" atau beli properti website, domain atau aplikasi sesuai dengan harga yang sudah dipatok dari si penjual. Jadi, cara penjualan properti tersebut lebih diserahkan kepada pilihan member Flippa itu sendiri. Ketika kita berhasil menjual website, domain atau aplikasi milik kita melalui Flippa, maka kita akan kena biaya potong sebesar 10% dari harga jual properti yang kita jual. Itulah kenapa penulis juga menyebutnya makelar, karena ada potongan tertentu terhadap website, domain atau aplikasi yang kita jual.

2. Apa yang perlu kita tahu atau persiapkan untuk berjualan di Flippa?

  • Barang yang dijual
Dalam berbisnis sesuatu, tentunya kita harus memiliki sesuatu untuk dijual. Dalam kontek ini, barang yang dimaksud adalah website, domain atau aplikasi yang kita miliki. Jika anda memiliki website yang tidak terurus, domain yang tidak terpakai atau aplikasi yang memiliki nilai jual, anda dapat menjadikan Flippa sebagai tempat yang bagus untuk menjual barang tersebut. 
  • Alat pembayaran
Alat pembayaran digunakan untuk proses transaksi yang kita lakukan, baik untuk pembelian maupun penjualan website, domain atau aplikasi. Flippa sendiri menyediakan beberapa metode pembayaran, yaitu dengan kartu kredit, paypal atau transfer bank. Penulis disini menyarankan anda memiliki paling tidak akun Paypal, atau jika anda mampu, lebih bagus lagi jika anda memiliki kartu kredit. Sedangkan untuk sistem transaksi nya sendiri, Flippa menggunakan Escrow. Mohon diperhatikan bahwa ada perbedaan pengertian antara metode pembayaran dan sistem transaksi. Metode pembayaran dalam artikel ini berarti alat pembayaran yang digunakan sedangkan sistem transaksi merupakan cara bagaiman transaksi dilakukan. Escrow merupakan suatu perjanjian legal di mana sebuah barang (umumnya berupa uang, namun bisa juga benda apapun lainnya) disimpan seorang pihak ketiga (yang dinamakan agen escrow) sementara menunggu isi kontrak dipenuhi (Lihat Wikipedia untuk mencari pengertian Escrow secara lebih detail).
  • Bahasa
Banyak orang sering meremehkan hal ini, namun dalam kenyataannya, bahasa merupakan hal yang sangat berguna manusia, terutama ketika kita harus berkomunikasi. Dalam menjual atau membeli barang, tentunya kita akan memakai bahasa dalam prosesnya, tidak terkecuali dengan berjualan di Flippa itu sendiri. Bahasa yang disarankan untuk penjual atau pembeli adalah Bahasa Inggris karena member Flippa berasal dari seluruh dunia, walaupun ada sebagian kecil dari Indonesia, namun jumlahnya sangat sedikit. Minimal kita dapat menguasai Bahasa Inggris secara tulisan dan lebih baik lagi kalo kita mengerti Bahasa Inggris secara lisan karena bahasa tersebut menjadi salah satu merode kita untuk mempromosikan barang yang kita jual. Tidak jarang calon pembeli menanyakan tentang isi website atau kenapa website tersebut kita jual dan pertanyaan lainnya seputar produk yang kita jual, dan tentunya pertanyaan tersebut menggunakan Bahasa Inggris. Jika anda tidak terlalu paham dengan Bahasa Inggris, anda dapat menggunakan layanan translator dari Google atau Bing untuk memudahkan proses transaksi, walaupun cara ini tidak terlalu disarankan oleh penulis karena kadang layanan translator tersebut mungkin berbeda maksud dengan apa yang ingin kita utarakan.
  • Pengetahuan
 Pengetahuan yang dimaksud disini merupakan pengetahuan tentang berbagai hal dalam bidang website, domain dan aplikasi. Misalnya saja kode-kode HTML, CSS, Javascript dan hal-hal lain seputar masalah teknis yang menjadi kode dasar dari aplikasi atau website yang kita jual. Karena pada dasarnya kita menjual produk digital, kita juga harus mengetahui tentang seluk beluk produk yang kita jual. Tidak jarang dalam menjual website misalnya, seorang calon pembeli akan menanyakan hal-hal teknis tersebut. Akan terasa aneh ketika kita malah bingung ketika kita tidak mampu untuk menjawabnya.
  • Niat
Mungkin terdengar klasik, namun memang begitulah kenyataan. Tanpa adanya niat, kita tidak pernah sampai ke tujuan. Niat disini dapat diartikan sebagai niat untuk tidak pantang menyerah atau niat untuk terus belajar. Walaupun mempunyai setiap syarat diatas, tapi tanpa disertai niat, anda tetap tidak akan menjual apapun. 

3. Cara menjual website, domain dan aplikasi di Flippa?
  • Mempunyai akun di Flippa
Cara membuat akun di Flippa sangat mudah dan gratis. Anda tinggal mengunjungi website Flippa dan si bagian kanan atas, klik link Sign Up. Anda akan diarahkan ke laman pendaftaran akun Flippa. Disana anda harus memasukkan informasi misalnya usename, email dan password untuk log in ke Flippa. 


  • Menjual website, domain atau aplikasi
Setelah kita memiliki akun, kita dapat menjual website, domain atau aplikasi yang kita miliki di Flippa dengan mengunjungi laman Sell. Disana kalian akan disuruh memilih jenis produk yang ingin dijual, misalnya website, domain atau aplikasi. Disana kalian juga akan memilih bagaimana anda ingin menjual produk tersebut, misalnya anda ingin menjualnya dengan metode lelang dengan metode lain. Ada beberapa biaya yang dibebankan member yang ingin menjual produknya sesuai dengan jenis produk yang ingin dijual. Jika anda ingin menjual website dengan metode lelang terbuka, anda akan dikenai biaya sebesar 19 USD. Jika anda ingin menjual website yang umurnya kurang dari 3 bulan dan belum mempunyai trafik pengunjung dan penghasilan dengan metode lelang terbuka, anda akan dikenai biaya sebesar 9 USD. Untuk penjualan domain, anda akan dikenai biaya sebesar 9 USD  untuk menjual dengan metode lelang terbuka. Sedangkan untuk aplikasi iOS dan Android, anda tidak akan dikenakan biaya untuk melelang aplikasi anda dengan metode lelang terbuka di Flippa. Ada juga beberapa metode lain yang berbeda dari beberapa metode diatas yang mensyaratkan fee atau biaya terlebih dahulu. Untuk keterangan selengkapnya tentang biaya yang ada di Flippa, silahkan klik disini.



Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post