Iklan Billboard 970x250

Hosting file HTML, CSS dan Javascript gratis di GitHub

Hosting file HTML, CSS dan Javascript gratis di GitHub


GitHub merupakan tempat penyimpanan repositoris dan manajemen project bagi developer code. Disini kalian dapat memamerkan kode hasil editan kalian, berkolaborasi dengan rekan sesama developer ataupun hanya melihat hasil kerja para developer lain, baik itu project open source (terbuka) ataupun private project (tertutup). GitHub sendiri menyediakan akun secara gratism maupun berbayar.

Enaknya ketika kita mempunyai akun di GitHub, kita dapat menyimpan file dalam bentuk HTML, CSS dan Javascript kita ke dalam GitHub dan mengaksesnya, layaknya sebuah website biasa. Dan yang lebih menggiurkan para developer, tidak ada batas kuota penyimpanan kita di GitHub, semuanya disimpan secara gratis di GitHub.

Berikut bagaimana kita dapat menyimpan file HTML, CSS dan Javascript secara gratis di GitHub.

1. Buka akun di GitHub


Cara membuka akun di GitHub juga sangat sederhana, silahkan kunjungi website GitHub disini. Dibagian kanan atas, silahkan klik Sign Up atau langsung isi keterangan di sebelah kanan.

GitHub sendiri akan mengirimkan email konfirmasi kepada kita untuk mengkonfirmasi kalo email tersebut merupakan email valid. Segera konfirmasi email tersebut dan anda sudah dapat menggunakan layanan GitHub.

2. Buat sebuah repositoris


Buat repositoris baru dengan mengklik + New Repository di bagian kanan bawah. Kalian akan mengisi beberapa informasi terkait repositoris yang akan kalian buat, misalnya nama dan deskripsi. Lengkapi semua itu, kemudian klik Create Repository.


3. Setting Repositori tersebut


Setelah anda membuat repositori seperti gambar di atas, kalian tinggal klik bagian setting di bagian kanan bawah untuk mensetting repositori baru kalian. Di bagian GitHub Pages, klik tombol Launch automatic page generator untuk membuat laman anda di GitHub.


4. Buat dan edit laman anda


Masuk ke laman repositori yang anda buat tadi, dan klik tombol + disamping nama repositori anda untuk menambahkan laman baru. Setelah anda selesai mengedit laman anda, klik Commit New File.


5. Selesai dan lihat hasilnya

Setelah laman anda selesai diedit dan disimpan. Anda dapat melihat hasil laman anda dengan format standar url di GitHub adalah http://username.github.io/nama-project/laman-anda.html

Atau jika anda tidak mau susah-susah atau takut salah, silahkan kunjungi laman settingan repositoris anda untuk melihat url laman anda di GitHub.

Selamat mencoba dan berkreasi.
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post