Iklan Billboard 970x250

Penjelasan Google Analytics UTM Parameters

Penjelasan Google Analytics UTM Parameters


Apa itu Google Analytics UTM (Urchin Tracking Module) Parameters?

Mungkin ini pertanyaan yang menggema di pikiran kalian saat melihat judul artikel ini. Google Analytics UTM Parameters merupakan parameters khusus yang digunakan untuk melacak sumber klik yang ada di website orang lain yang mengarah ke website kita. UTM Parameters berguna untuk melacak klik yang bersumber dari link di dalam bentuk/format email atau web. Ketika seorang pengguna mengklik link yang sudah kita tambahi Google Analytics UTM parameters didalamnya mengirimkan data tersebut ke Google Analytics, jadi seorang webmaster atau blogmaster mampu melihat darimana sumber klik tersebut.


Bentuk dan cara penggunaan UTM Parameters

Format atau bentuk UTM parameters biasanya berada di belakang link dengan berisi keterangan-keterangan tertentu yang akan kita masukkan ke dalam laporan Google Analytics kita. Berikut merupakan salah satu contoh penggunaan UTM parameters :
http://www.domain.com/page.html?utm_source=Partner-Domain &utm_medium=Mailer&utm_campaign=New-Product
Setelah alamat link kita, keterangan UTM parameters biasanya diawali dengan tanda ? dengan disertai keterangan value/nilai UTM tersebut di belakangnya dan diakhiri dengan tanda &. Kalian harus menyertakan nilai utm wajib yang dapat disertakan dan nilai utm optional yang dapat kalian tambahkan sendiri.

Berikut merupakan nilai/value UTM yang wajib disertakan :

  • utm_source=XXX : Berisi tentang sumber link, contoh Search Engine, domain atau nama daftar email.
  • utm_medium=XXX : Berisi cara atau metode utm dikirimkan, misalnya Email atau Iklan Banner.
  • utm_campaign=XXX : Berisi nama atau keterangan yang membantu kalian melacak jenis kampanye berbeda, misal Kupon, Diskon atau Belanja Lebaran.

Berikut merupakan nilai/value UTM tambahan yang dapat disertakan :

  • utm_term=XXX : Biasanya digunakan sebagai identitas keywords berbayar, misal laptop, sepatu, baju, dll.
  • utm_content=XXX : Biasanya digunakan sebagai pembeda atau memisahkan 2 iklan yang tampil di laman yang sama.


Dimana hasil UTM Parameters tersebut dapat dilihat?

Setelah membuat UTM Parameters tersebut, kirimkan di dalam email, website orang lain, affiliasi atau iklan PPC (Paid Per Click). Anda dapat melihat laporan hasilnya di Google Analytics website anda di bagian Traffic Source -> All Traffic Sources.

Laporan tersebut dapat anda lihat setelah beberapa jam, karena Google Analytics membutuhkan waktu untuk melacak link yang anda bagikan dan tergantung dari trafik pengunjung yang anda terima.


Untuk Siapa UTM Parameters digunakan

UTM Parameters dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin melacak darimana trafik pengunjungnya berasal. UTM Parameters sendiri biasanya digunakan oleh pengiklan, progam affliasi, melacak klik link yang kita kirimkan melalui email dan segudang tujuan lain termasuk untuk tujuan SEO website anda.

UTM Parameters merupakan tools yang sangat berguna dalam kampanye website. Seorang yang ingin membangun dan melacak link mereka dapat menggunakan tools ini. Selain gratis, karena disediakan oleh Google, tools ini benar-benar memberikan keterangan relevan darimana sumber trafik website kita.

Bagi kalian yang dipusingkan tentang bagaimana cara membuat UTM parameters ini atau tidak mau diribetkan dengan cara pembuatannya, gunakan saja tools UTM Link Builder ini. Setelah selesai, anda dapat menempatkannya dimana saja anda ingin melacak link tersebut. Jika ada kebingungan dan pertanyaan, tulis saja di kolom komentar.
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post