Iklan Billboard 970x250

Maksimalkan Pendapatan Iklan dengan DFP Small Business

Maksimalkan Pendapatan Iklan dengan DFP Small Business


DoubleClick for Publishers (DFP) Small Business merupakan layanan gratis dari Google yang mempunyai fungsi sebagai solusi manajemen iklan bagi para publisher (penayang iklan), termasuk iklan yang ditampilkan di website. Di DFP Small Business, publisher dapat menayangkan iklan, menjadwalkan penayangan iklan dan berbagai fasilitas lain yang ditawarkan DFP Small Business terhadap publisher yang ingin mengelola pendapatan mereka melalui iklan yang ditempatkan di website mereka.

Google DFP Small Business sendiri merupakan adik dari Google DFP. Secara historis, awalnya Google mengakuisisi DoubleClick pada tahun 2008. Pada 2010, Google meluncurkan DoubleClick for Publishers (DFP) dan DFP Small Business yang menjadi generasi berikutnya dalam penayangan platform iklan.

Keunggulan

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Google terhadap produk ini, diantaranya :

  • Platform lengkap.

Google DFP Small Business merupakan platform pengelola penayangan iklan yang lengkap, baik untuk iklan website, mobile atau video advertising.

  • Maksimalkan pendapatan dengan Adsense

Google DFP Small Business dapat digabung dengan layanan Ad Network lain, seperti Adsense atau layanan ad network lainnya. Hal tersebut dapat memaksimalkan pendapatan kita karena persaingan antara iklan kita dengan Adsense atau ad network yang lain akan semakin kompetitif. Slot iklan yang tidak terjual, dapat kita maksimalkan dengan penayangan iklan dari Adsense

  • Simple

Layanan yang dikembangkan oleh Google ini dapat dibilang friendly user interface dengan bentuk menyerupai layanan Adsense. Bagi anda yang terbiasa dengan tampilan Adsense, tentu tidak kaget dengan tampilan Google DFP Small Business ini.

  • Gratis

Layanan ini disediakan secara gratis oleh Google. Kita tahu sendiri bahwa Google memiliki infrastruktur yang memadai untuk menyediakan layanan yang cepat, terutama hosted advertising. Kita juga tidak perlu direpotkan dengan hosting website kita yang perlu ditambah-tambah dengan file para pengiklan kita. Dengan layanan ini, kita dapat mengelola file tersebut dengan gratis.

  • Bentuk Ad Pricing yang berbeda

Anda dapat memilih sendiri bentuk atau model harga iklan yang dapat kita tampilkan, misalnya (CPM), Cost-Per-Click (CPC) atau Cost-Per-Day (CPD). Kita dapat menjual iklan kita dengan bentuk yang sesuai dengan kriteria kita sendiri.

  • Creative Support

Anda dapat menyimpan jenis file iklan yang dapat anda tampilkan di website anda, misalnya gambar, Flash, Rich Media ataupun tags iklan pihak ketiga.

  • Built-in Targeting

Dari sekian banyak keunggulan diatas, layanan ini merupakan layanan yang paling bagus, baik untuk pengiklan ataupun penayang iklan karena kita dapat men-set jenis target iklan yang akan kita tampilkan. Di sisi advertiser tentunya hal tersebut sangat menguntungkan karena iklannya akan sesuai target pasaran dari si pengiklan. Sedangkan dari sisi publisher, tentunya hal tersebut akan menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk beriklan di website mereka.

Untuk selengkapnya tentang fitur Google DFP Small Business, dapat mengunjungi official link dari Google DFP Small Business.

Kelemahan

Walaupun Google mengklaim bahwa tampilan Google DFP Small Business ini sangat friendly user interface, namun jujur ketika penulis mencoba untuk memakai layanan ini, banyak kebingungan yang dirasakan. Misalnya saja beberapa fungsi yang kita bahkan tidak tahu untuk apa fungi tersebut, mungkin penulis sendiri baru pertama kali melihat dan mencoba untuk mengelola iklan sendiri. Walaupun penulis bukan orang yang ahli dalam bidang web desain, terutama interface, namun penulis percaya bahwa kita dapat mengetahui berbagai layanan yang ada di website tersebut hanya dengan beberapa kali melihat layanan yang ada di website tersebut.

Bahasa, lagi-lagi bahasa. Inilah yang sering mendapat kritikan dalam banyak sekali website-website yang ingin mengembangkan diri. Kita tahu bahwa dalam dunia yang semakin global, kita akan semakin mudah untuk berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu, namun bukan berarti kita harus melupakan bahasa yang notabene merupakan sarana kita ingin berkomunikasi. Mungkin kesusahan saya dalam memakai layanan Google DFP Small Business karena memang layanan bahasanya menggunakan Bahasa Inggris. Untuk versi Indonesia nya, sepertinya masih belum ada untuk sementara ini. Bagi kalian yang ingin mencobanya, paling tidak kalian sudah memahami sedikit-sedikit Bahasa Inggris.

Kesimpulan

Layanan ini sangat bagus dan recommended bagi publisher karena selain gratis, layanan ini juga mempunyai banyak manfaat bagi penayang iklan yang masih kecil jumlah pengunjungnya. Bagi penayang iklan kecil, sama artinya kita memakai layanan Google DFP untuk menayangkan iklan di website kita. Layanan ini juga bagus untuk website-website yang bergerak di bidang media, karena bisa memotong cost ad hosting yang dipakai untuk menyimpan file iklan mereka.
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post