Iklan Billboard 970x250

Layanan Google bagi para Web Developer

Layanan Google bagi para Web Developer


Berbicara tentang Google memang tidak ada habisnya, selain merupakan sebuah perusahaan online terbesar didunia, Google juga mempunyai segudang layanan yang sangat beragam. Hampir setiap tahun, Google selalu meluncurkan produk baru yang selalu booming di Internet. Mungkin saking banyaknya produk Google, kita dapat kebingungan untuk membedakan mana saja produk dari Google.

Sebagai seorang pengembang website (web developer), ada beberapa layanan Google yang dapat dijadikan layanan tambahan untuk menunjang kinerja dan kerja kalian para maniak kode. Berikut beberapa layanan Google yang bagus dijadikan sebagai rekomendasi :

1. Google Analytics

Merupakan salah satu layanan Google yang bergerak di bidang analisis website dan aplikasi. Dengan Google Analytics, kalian dapat melihat seberapa banyak pengunjung website, blog atau aplikasi kalian.

2. Search Console

Dulu bernama Google Webmaster Tools. Merupakan layanan Google yang membantu web developer untuk melihat sejauh mana efektifitas SEO (Search Engine Optimatization) website anda dalam pencarian di Search Engine.

3. Google Adsense

Merupakan jaringan publisher yang dimiliki oleh Google. Jika kalian ingin memonetisasi properti blog atau website anda, disini kalian dapat melakukannya.

4. Google Admob

Hampir sama dengan Adsense, namun berbeda bentuk properti yang dipakai. Jika Adsense merupakan progam yang memonetisasi blog dan web, Admob merupakan progam monetisasi aplikasi, baik Android maupun iOS. Jika anda seorang pengembang aplikasi, layanan ini cocok buat anda yang ingin menghasilkan uang dari aplikasi anda.

5. Google Adwords

Kebalikan dengan Adsense dan Admob, Google Adwords merupakan jaringan pengiklan yang dimiliki oleh Google. Dengan Google Adwords, anda mampu untuk menampilkan, mengolah serta mengatur iklan anda di search engine Google.

6. Google Trends

Merupakan layanan dari Google yang menganalisis trending topic dari search engine Google. Di layanan ini, kalian dapat melihat apa yang sedang populer yang dicari orang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

7. Drive

Merupakan layanan Google yang menyediakan penyimpanan gratis hingga 15 GB untuk file anda.

8. Formulir

Merupakan layanan formulir online yang dapat anda gunakan untuk kepentingan mengambil data pengguna melalui formulir yang disediakan oleh Google.

9. Google Cloud Platform

Layanan premium bagi anda yang ingin mempunyai hosting storage yang dimiliki dan dikelola oleh Google. Layanan ini juga terintegrasi dengan layanan lain dari Google, seperti App Engine dan berbagai produk lain dari Google.

10. Google+

Layanan jejaring sosial yang dikembangkan dan dikelola oleh Google. Anda dapat memanfaatkan beberapa produk turunan di Google+ sebagai penunjang dan sarana promosi website dan project anda.

11. Google Fonts

Layanan Google yang mengembangkan berbagai jenis fonts untuk keperluan website dan keperluan online lainnya.

12. Firebase

Layanan yang membantu pengembang dalam pembuatan aplikasi, baik untuk website ataupun aplikasi native dengan pilihan layanan, baik gratis ataupun berbayar. Firebase sendiri awalnya perusahaan tersendiri dan kemudian diakuisisi oleh Google pada Oktober 2014.

13. PageSpeed Insights

Merupakan layanan dari Google yang berguna untuk mengecek kecepatan situs anda. Selain penilaian, layanan ini akan memberikan beberapa tips/masukan untuk membuat website anda lebih cepat waktu loadingnya di semua perangkat.

14. reCAPTCHA

Layanan yang berguna untuk mengurangi dan meminimalisir spam dalam form yang kita miliki, misalnya guestform atau comments form.

15. URL Shortener

Layanan Google yang memudahkan kita untuk meringkas url link website kita agar lebih mudah dan gampang untuk diingat.
Baca Juga
SHARE
IM`Oclub
Newbie Paten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post